Tinta Sablon DTF dan Tutorialnya

Tinta Sablon DTF dan Tutorialnya

Cara menyablon yang sedehana sekarang bisa anda lakukan dengan istilah kerennya sablon DTF, jenis sablon dtf ini lebih mengarah kepada jenis tinta sablon ruber hasil sablonnya lentur seperti karet.dan tinta DTF new tergolong jenis gaya sablon baru.

Tinta sablon Dtf dan tutorial pengunaanya bisa anda baca dibawah ini, Semoga bisa menjadi acuan untuk mulai mengunakan Tinta DTF

Untuk menyablon ini kita bisa mengunakan tinta khusus yang biasa dipakai pada tinta textil untuk DTG sedangkan peralatannya pun tidak lebih kurang dari peralatan printer DTG.

Apa saja alat dan peralatan yang digunakan untuk berkarya disablon DTF ini dan berapa harga tinta DTF ? yuk simak catatan dibawah ini.

Printer ukuran A3

saat ini yang banyak digunakan dan sesuai dengan karakter tinta ini adalah printer Epson L1800 yang mengunakan 6 tabung termasuk LC-LM untuk LC,LM ini akan dijadikan tabung tinta putih.tinta dtf ini hanya untuk printer dekstop

Software

Untuk pengunaan sofware gunakan sofware Acrorip yang bisa memisahkan tinta warna dan tinta putih dalam proses cetak.

Tinta DTF
Gambar tinta dtf
Plastik transfer

Untuk plastik transfer ini harus plastik tahan panas karena nanti akan digunakan untuk memindahkan gambar dan masuk oven

Bubuk Hotmeal

Bubuk khusus inilah yang akan memindahkan atau menempelkan hasil sablon print tadi ke kaos yang disablon

Mesin Press

Mesin pres digunakan untuk mempress perpindahan gambar yang sudah dicetak diatas plastik transfer tadi.

Mesin Oven/Hotgun

Untuk gambar bisa pindah kemedia kaos anda harus melumerkan tepung yang berada diatas cetakan sablon dan biasanya pelaku sablon ada yang mengunakan Hotgun dan mesin oven kalau saran saya gunakan mesin oven karena untuk melumerkan tepung menjadikan perekat haruslah lumer/cair dan merata.

Cara mengerjakan sablon

Pertama tama anda siapkan plastik transfer cetak, kemudian anda cetak gambar gambar yang akan dicetakĀ  tadi ingat softwarenya Acrorip sebaiknya anda gunakan sofware Acrorip kalau bawaan printer standarĀ  tidak bisa mengunakan tinta putih.dan perlu diingat cetak gambarnya miror

Kemudian taburi tepung khusus tadi secara merata keatas permukaan cetakan tadi selanjutnya anda masukan kedalam oven/atau di panaskan dengan hotgun, gunakan suhu 140 derajat dan lama pemanasan bisa sampai 2-4 menit tergantung jenis pemanas masing masing.

Setelah dirasa tepungnya lumer merata maka gambar siap dipindahakan. sebelum melakukan pengepresan dinginkalah dulu gambar tadi agar hasi maksimal dan pelepasan plastik lebih mudah.

Jika tahap ini sudah dilakukan dan gambar sudah pindah ke media kaos sebaik anda press lagi gambar tadi di mesin press, ingat gambar nya sudah dingin dulu.

Untuk daya tahan saya rasa sama dengan hasil Print DTG dan lagi itu tergantung cara mencucinya, dan yang pasti hindari menyetrika lansung pada gambar jika hal ini terjadi gambar bisa menempel di setrikanya.Untuk mendapat tinta DTF yang bagus itu bergantung pada pengunaan dan seting anda sendiri, Untuk tinta original DTF sendiri admin juga belum tahu pembading originalnya.

Oh ya, mudah mudahan tulisan ini menambah pengatahuan dan wawasan anda tentang cara kerja sablon DTF yang lagi booming saat ini.

 

 

Share this post