Tahukah anda apa itu barcode

Tahukah anda apa itu barcode

Di era digital sekarang ini, barcode sudah diguanakan untuk permudah transaksi, dengan barkode semua data transaksi bisa disimpan secara singkat. dan sudah tahukah anda apa itu barcode. barcode biasanya berentuk batang atau kota acak contohnya seperti ini

Apakah anda sudah tahu bagaimana cara barcode bekerja ?

 

Baiklah kita akan jelaskan sejarah singkat yang namanya barcode.

Sejarah singkat tentang barcode

Pada tahun 1932, Wallace Flint membuat sistem pemeriksaan barang di perusahaan retail. Awalnya, teknologi kode batang dikendalikan oleh perusahaan retail, lalu diikuti oleh perusahaan industri. Lalu pada tahun 1948, pemilik toko makanan lokal meminta Drexel Institute of Technology di Philadelphia, untuk membuat sistem pembacaan informasi produk selama checkout secara otomatis.

Kemudian Bernard Silver dan Norman Joseph Woodland, lulusan Drexel patent application, bergabung untuk mencari solusi. Woodland mengusulkan tinta yang sensitif terhadap sinar ultraviolet. Prototipe ditolak karena tidak stabil dan mahal. Tangal 20 Oktober 1949 Woodland dan Silver berhasil membuat prototipe yang lebih baik. Akhirnya pada tanggal 7 Oktober 1952, mereka mendapat hak paten dari hasil penelitian mereka. 1966: Pertama kalinya kode batang dipakai secara komersial adalah pada tahun 1970 ketika Logicon Inc. membuat Universal Grocery Products Identification Standard (UGPIC).

 

Perusahaan pertama yang memproduksi perlengkapan kode batang untuk perdagangan retail adalah Monach Marking. Pemakaian di dunia industri pertama kali oleh Plessey Telecommunications. Pada tahun 1972, Toko Kroger di Cincinnati mulai menggunakan

bull’s-eye code. Selain itu, sebuah komite dibentuk dalam grocery industry untuk memilih kode standar yang akan digunakan di industry.Kutipan dari wikipedia :

 

Terus apa manfatnya untuk Bisnis

 

  • Perekaman data lebih akurat dan terinci

Maksutya semua data bisa dimasukan kedalam kode batang yang bergambar tersebut

  • Pemangilan data lebih cepat

karena semua data dalam databasenya sudah ada maka proses actionya lebih mudah

  • Pengunaan lebih mudah

karena mengunakan code maka pemindaiannya mengunakan scaner barcode, dan karyawan pun lebih terbantu dan mengurangi bebah pelatihan yang rumit dan panjang tentang membaca data.

  • Pembuatan barcode

Untuk pembuatan barcode cukup mudah karena sudah banyak software yang tersedia dipasaran, biasanya dari setiap penjualan alat penyinaran barcode sudah disediakan software offline maupun online.

 

Bagaimana dengan anda, apakah anda sudah mengunakan barcode di perusahan anda

 

 

Share this post