Strategi Sosial Media Marketing

Strategi Sosial Media Marketing 2

Bagaimana Cara Membuat Strategi Sosial Media Marketing?

Bagimana cara membuat strategi sosial media marketing yang benar dan tepat digunakan untuk mendapatkan prioritas penonton.

Baiklah sebelum lanjutkan pembahasan strategi marketing di media sosial ada baiknya kita mengenal dulu apa itu media sosial dan apa itu marketing.

Media sosial adalah : Sebuah flatform media internet “online” yang bersifat personal dan corporate yang menampilkan video suara musik yang bercerita.

Marketing adalah : Suatu kegiatan yang membuat seseorang tertarik dan memiliki sesuatu barang atau jasa dengan cara memvisualkan dalam bentuk kata-kata atau video.

Strategi marketing media sosial bisa anda mulai dengan mebuat daftar rencana dengan skala kecil untuk personal.

Perubahan trend dan alogaritma flatform mengharuskan anda harus lebih kreatif dalam menyiasiti pasar media sosial tidak harus selalu apa yang tertulis dan dibuat agar trend postingan banyak ditonton dan diminati.

Strategi Sosial Media Marketing
Strategi Sosial Media Marketing

Strategi yang Umum Digunakan untuk Managemen Strategi Media Sosial

Mengenal Target Audiens :

Untuk medapatkan target audiens sebanar sudah disediakan dimasing-masing flatform media sosial seperti facebook, instagram, tiktok dan yang lainnya. Fasilitas ini bsa anda gunakan secara gratis jika anda sudah mendaftar sebagai penguna media sosial mereka.

Kualitas Konten yang Terjaga :

Konten yang relevan dan bermakna bagi audiens sangatlah dibutuhkan sehinga membuat audien tertarik dan menarik untuk menjadi subscriber anda.

Interakasi dan Kertelibatan didalam Konten :

Interaksi dan keterlibatan disini menentukan perhatian audien untuk bertahan dengan orang disukai atau konten yang mereka suka. contoh, pertanyaan audien selalu mendapat respons dan jawaban yang positif dan baik.

Mengikuti Trend :

Trend yang banyak disukai dan diminati harus anda pantau terus agar anda tidak ketingalan bahan untuk postingan.

Personalisasikan Konten :

Membuat konten yang dipersonalisasi untuk audiens Anda dapat membantu meningkatkan keterlibatan dan relevansi. Menggunakan data pengguna untuk menyajikan konten yang sesuai dengan minat dan preferensi individu audiens Anda.

Konsisten dan Tetap Dengan Merek Anda.

Pertahankan merek anda di setiap postingan yang anda buat agar anda memiliki ciri khas dari postingan.

Analisis Kerja.

Lakukan analisis terhadap konten-konten yang dibuat yang anda bangun agar bisa membuat keputusan dan kesimpulan terhadap konten yang banyak peminat dan sedikit peminat, seperti hastag yang digunakan, music, gaya video, jam tayang dan lain sebagainya.

Mengunakan Pemasaran Berbayar.

Dengan mengunakan pemasaran berbayar ini akan jauh lebih mudah, karena flatform penyedia media sosial telah memiliki data yang lengkap dan alogaritma yang sudah dibentuk sedemikian rupa untuk kepentingan iklan mereka.

Mengunakan Influencer

Mengunakan influencer yang memiliki subscribe banyak sudah barang tentu akan mempercepat informasi dan pemasaran bisa lebih tertarget juga tentunya.

Anda bisa mengunakan tabel ini untuk mendapatkan audiens dengan mudah dan lebih cepat tentunya. dengan berbagai variable serta contoh yang ada kesimpulan dan keputusan apa yang dibuat akan lebih terencana.

VariableDeskripsiContoh
DemografiInformasi demografis audiens Anda, seperti usia, jenis kelamin, lokasi, pendapatan, pendidikan, dll.Usia: 18-35, Jenis Kelamin: Pria, Lokasi: Jakarta, Indonesia
Preferensi KontenJenis konten yang paling disukai oleh audiens Anda, misalnya video, gambar, artikel, dll.Video tutorial, Infografis, Cerita
Platform PreferensiPlatform media sosial yang paling sering digunakan oleh audiens Anda.Instagram,
Nilai dan MinatNilai-nilai yang dipegang oleh audiens Anda dan minat yang mereka miliki.Keberlanjutan, Kesehatan mental, Pendidikan
Kesadaran MerekTingkat kesadaran mereka terhadap merek Anda atau pesaing di industri Anda.Tidak sadar, Sadar, Sangat sadar
Pembelian SebelumnyaRiwayat pembelian atau interaksi dengan merek Anda atau pesaing sebelumnya.Membeli produk A sebelumnya, Mengikuti akun merek B
Tujuan Penggunaan Media SosialTujuan utama audiens Anda menggunakan media sosial, seperti hiburan, berbagi informasi, memperoleh inspirasi, dll.Hiburan, Inspirasi, Jaringan sosial

Manfaat dari tabel tersebut bisa di simpulkan untuk target audiens yang dicapai dan jenis konten yang akan dibuat, konten yang akan dibuat sesuai dengan minat, prilaku dari preferensi  audiens.

Strategi Sosial Media Marketing 3
Strategi Sosial Media Marketing 3

Contoh Konten Berkualitas Sosial Media Marketing

Konten Visual yang Interaktif :

Konten visual yang bisa ber iteraktif dengan anda adalah Kuis, tanya jawab seputar kegiatan hari ini, siapa dan mengapa.

Konten Video Tutorial  :

Konten video tutorial akan lebih bayak diminati seputar solusi rumah tanga karena segmen ini berada di pasar yang luas dan segmen umur yang potensial.

Kisah Inspiratif :

Untuk kisah inspiratif lebih cendrung di suasana tenang seperti malam hari

Ulasan Produk :

Jika audiens Anda tertarik pada pembelian produk sebelumnya, menyediakan ulasan produk yang mendalam dan testimoni dari pelanggan yang puas ini dapat membantu mereka dalam pengambilan keputusan pembelian selanjutnya.

Konten Lucu dan Menghibur.

Konten lucu dan menghibur dipengaruhi oleh audiens yang sedang mencari hiburan untuk mengisi suasana hati saat itu.

Kisah nyata dari kehidupan :

Biasanya kisah nyata dari kehidupan akan selalu terhubung dalam kehidupan nyata konten ini juga bisa melibatkan lansung dengan audiens.

Jam Postingan yang Banyak Digunakan :

FlatformJam Tayang Terbaik & Banyak Penonton
FacebookJam 11 pagi s/d Jam 2 siang [Rabu, sabtu,minggu ]
InstagramJam 11 pagi s/d Jam 2 siang [ Senin – selasa – juma’at ]
YoutubeJam 2 siang s/d Jam 4 sore [ Kamis – jum’at ]
TwiterJam 7 pagi s/d 9 pagi [ Senin – selasa – rabu  -kamis – jum’at – minggu ]
PinterestJam 8 malam s/d 11 malam atau tengah malam Jam 2 pagi s/d 4 pagi
TiktokJam 6 pagi s/d 10 pagi [ Senin – selasa – rabu  -kamis – jum’at – sabtu –  minggu ]
LinkedinJam 9 pagi s/d 12 malam [ Senin – selasa – rabu  -kamis – jum’at –  minggu ]

Sekarang anda sudah tau tentang mendapatkan ide dan jadwal posting yang sering digunakan oleh para influencer media sosial marketing, sekarang tinggal pada anda untuk memulainya, yang mesti harus anda tekankan adalah kosisten.

Buatlah artikel untuk waktu 1 minggu pertama tanpa mengaploud postingan ini berguna menjeda otak dan untuk tidak terburu-buru dalam mengerjakan postingan, agar postingan media sosial yang dibuat bisa berkualitas.

Setelah postingan selesai kemudian jadwalkan posting untuk diterbitkan sesuai denga jadwal yang biasa digunakan dan lanjutkan membuat postingan untuk minggu selanjutnya. selamat berkarya.

You May Also Like