jenis bahan kaos katun

Nama Dan Jenis Bahan Kaos

Diposting pada

Nama dan jenis bahan kaos yang mesti anda ketahui bahan dasar kaos merupakan bahan yang dibuat dengan menggunakan teknologi rajut yaitu dengan cara menenun benang sehingga menjadi kain yang sedikit elastis dan dapat menyusut sesuai dengan jenis bahannya.

Jenis jenis bahan kaos katun | Gambar : unsplash.com

Jenis dan gaya rajutan kaos katun

Bahan kaos sendiri dapat dibedakan menurut jenis kain rajutan dan komposisi bahan penyusunnya. Adapun penggunaannya, bahan kaos bisa dibuat menjadi kaos oblong, kaos berkerah bahkan jaket. Berikut penjelasan detail masing-masing jenis bahan kaos:

Baca juga : 9 ide kaos yang diminati designer

  • Katun kombet
    Katun kombet adalah bahan yang paling umum digunakan untuk membuat T-shirt berkualitas tinggi. Bahan katun combed terbuat dari 100% katun yaitu serat kapas. Setelah proses menyisir/menghaluskan serat, karakteristik bahan menjadi halus, tidak berbulu, lembut, nyaman dipakai, menyerap keringat, dan tingkat penyusutan yang rendah.
  • Teteron katun (TC)
    TC merupakan salah satu bahan yang sering digunakan saat membuat T-shirt, terutama bagi yang ingin membuat T-shirt dengan budget terbatas. TC adalah campuran Teteron + katun, jadi bukan 100% katun. Rasionya dapat bervariasi, yang paling umum adalah 35% teteron dan 65% katun. Semakin tinggi rasio Ttron, semakin panas kainnya. Inilah ciri khas bahan kaos TC.
  • Polyester (PE)
    PE merupakan bahan kaos yang harganya lebih murah dari ketiga bahan diatas. PE terbuat dari polyester/plastik dan banyak digunakan untuk kaos promosi. Ciri khasnya adalah bahan ini tidak menyerap keringat, serta keras dan panas saat dipakai.
  • Fleece
    Lacoste/katun Pique Ini adalah bahan yang banyak digunakan untuk membuat polo shirt/kaos kerah. Karakteristiknya adalah bahan ini lembut, nyaman, dan pori-porinya besar. Nama bahan ini adalah katun piqué. Terkadang bahan ini disebut kaos polo atau lacoste karena pada awalnya kedua merek tersebut adalah yang banyak menggunakan jenis bahan ini. Bahan ini sangat cocok untuk designed yang menggunakan bordir. Ini adalah bahan yang digunakan untuk membuat sweater, jaket varsity team. Wool memiliki ciri-ciri permukaan yang berbulu halus.

Itulah sekelumit Nama Dan Jenis Bahan Kaos yang perlu anda ketahui guna menambah wawasan anda tentang kain serta rajutan disetiap jenis kaos apakah itu kaus katun,cardet,tetoron atau fleelace