Mungkinkah Sablon Dtf Mengantikan Sablon Manual

Digital printing

Apakah benar sablon Dtf bisa mengantikan sablon manual?

Sebelum saya menjawab pertanyaan ini ada baiknya kita mengaetahui apa itu sablon dtf dan apa itu sablon manual.

Sablon DTF adalah

Sablon transfer gambar mengunakan peralatan dan teknologi mesin print, peralatan yang digunakan antara lain

Peralatan yang digunakan :

  • Printer dengan tinta khusus DTF
  • Kertas atau plastik transfer
  • Bubuk/ khusus pemindah gambar
  • Mesin pemanas
  • Mesin Press kaos

Sablon Manual/screen printing

Adalah pemindahan gambar ke media kain,besi,plastik dll dengan mengunakan kain screen khusus dengan cara di gesut

  • Kain screen serta bingkai
  • rakel/alat gesut
  • tinta
  • printer

Dari peralatan yang digunakan tidak jauh berbeda tetap mengunakan printer dan tinta juga, namun cara kerja mereka berbeda satu sama lainya.

Yang lebih menguntungkan dari kedua peralatan ini yang mana?

Kalau bicara untuk masalah untung sebenarnya relatif saja mengapa demikian? karena pengunaan DTF ditargetkan untuk penguna pesana dadakan dan satuan dan harga jual mereka jauh lebi mahal mengingat tinta yang digunakan tidak ada pilihan.

Maksutnya dalah Sablon DTF hanya bisa mengunakan titnta DTF juga sedangkan sablon manual bisa berbagai macam jenis tinta apakah tinta rubber,discarce atau tinta berbahan minyak.

Sablon manual ditujukan untuk produksi masal dan berbagai style atau gaya desain untuk di gunakan di baju. sedangkan print dtf hanya terpaku kepada gambar yang menempel di palastik tranfer hasil print saja.

Tingkat praktis kerja dari kedua jenis sablon ini tentulah lebih praktis sablon dtf karena itu tadi mereka lebih menagetkan konsumen yang dadakan yang btuh sablon sementara hari H pengunaan kaos sudah mepet untuk digunakan.

Sablon manual lebih diperuntukan untuk pasar massal karena proses pengerjaan yang lambat dan lama tapi diuntuk dengan harga relatif murah dan terjangkau itu pan kalau anda mencetak banyak.

Saran penulis untuk bergelut didunia usaha sablon mechandise sablon DTF ini amat dibutuhkan dan praktis pengunaanya.

Jadi kita kembali kepada pertanyaan Mungkinkah sablon dtf mengantikan sablon manual?

Jawabannya tidak!

Karena peralatan dtf dan sablon manual adalah produk yang saling bergantung satu sama lainnya karena kebutuhan mereka berbeda dan target pasar mereka juga berbeda.

Untuk anda yang berbisnis kaos sablon kedua peralatan ini mesti anda di tempat usaha anda karena tidak akan pernah tahu konsumen yang datang pesan sekali banyak atau konsumen yang pesan sablon kaos 1 atau 2 buah saja.

Terimakasih telah membaca artikel sablon manual dan dtf, semoga anda yang lagi atu ingin berbisnis di kaos sablon dan menchadice bisa mempertimbangkan apa yang saya tulis ini.

You May Also Like